Alang - alang dan Ilalang...samakah ?


Ketika angin berhembus, bergoyang ikuti alunan iramanya. Bunga putih atau bunga coklat seperti pita, terbang luruh sejauh mata memandang. Sering terlihat pada lahan kosong tak tergarap atau pada luas padang sabana.

Alang - alang dan Ilalang adalah tumbuhan jenis rumput - rumputan yang sering kita jumpai pada tanah lapang atau pun lahan - lahan kosong.
Alang - alang dan ilalang memiliki tangkai bunga yang ringan, sehingga saat angin bertiup tangkai bunganya dan daunnya ikut bergoyang.
Ilalang sangat suka tanah yang subur dan terik sinar matahari. Oleh sebab itu jika ia menemukan tanah lapang yang subur dengan intensitas cahaya yang baik, ilalang akan dengan mudah membiakkan diri di tempat tersebut.

Tanaman rumput yang menahun dengan tunas panjang yang bersisik, merayap di bawah tanah.
Bunga ilalang berwarna coklat,ujungnya runcing. Karena penyerbukan dan penyebarannya disebarkan oleh angin, maka bunga ilalang dan alang - alang tidak wangi seperti bunga mawar atau melati.

Alang - alang berkembang biak dengan biji dan memiliki akar rimpang. Akar rimpang adalah akar bertunas yang menjalar di bawah permukaan tanah.
Kecepatannya tumbuh dan jalinan rimpang alang - alang di bawah tanah serta tutupan daunnya yang rapat, memberikan manfaat perlindungan untuk menahan tanah agar tetap kokoh.
Bunga alang - alang berwarna putih dan halus.




Alang - alang
  • Bunga berwarna putih.
  • Tekstur bunga halus seperti kapas.
Ilalang
  • Bunga berwarna kuning kecoklatan.
  • Tekstur bunga lebih kasar.



*250512

The Author : Unknown ~ Di sini aku ingin berbagi,menuangkan tangis,sepi,cinta dan senyuman

PostingAlang - alang dan Ilalang...samakah ? ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 24 Mei 2012. Adakah engkau yang bisa mengerti tentang galau rembulan di ujung sepi,mengurai bait kemurungannya bersama seulas mendung yang mungkin takkan bisa mengerti 4 komentar: di postingan Alang - alang dan Ilalang...samakah ?
 

4 komentar: