Pada tulisan mengenai gaya belajar sebelumnya, telah disinggung ciri – ciri gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Setelah kita mengenal gaya – gaya belajar ini, maka kita sebagai orang tua (guru) seharusnya tahu cara mengidentifikasi dan mengajar anak yang memiliki gaya belajar unik dan berharga ini.
Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara kita memaksimalkan gaya belajar mereka masing – masing ?
Yang kita lakukan terlebih dahulu adalah kita jelaskan kepada mereka bahwa orang belajar itu dengan cara yang berbeda – beda, sesuai dengan kenyamanan masing – masing, dan semua cara sama baiknya. Setiap cara mempunyai kekuatan sendiri – sendiri. Dan pada kenyataannya, kita semua memiliki ketiga gaya belajar itu, namun biasanya hanya satu gaya yang mendominasi (Rose dan Nicholl dalam Quantum Teaching, 2003).
Selanjutnya, marilah kita membuat mereka menyadari akan gaya belajarnya masing – masing.
Penilaian Visual-Auditorial-Kinestetik (V-A-K)
Penilaian berikut ini mungkin akan membantu kita dalam mengidentifikasi gaya belajar masing – masing anak, atau bahkan kita sendiri.
Tandailah kotak yang sesuai untuk setiap pertanyaan dan jumlahkan nilainya untuk setiap bagian. Lalu buatlah grafik untuk setiap hasilnya.
VISUAL
Sering | Kadang2 | Jarang | |
Apakah anda rapi dan teratur? | | | |
Apakah anda berbicara dengan cepat ? | | | |
Apakah anda perencana dan pengatur jangka | | | |
panjang yang baik ? | | | |
Apakah anda pengeja yang baik dan dapatkah | | | |
anda melihat kata-kata dalam pikiran anda ? | | | |
Apakah anda lebih ingat apa yang dilihat | | | |
daripada yang didengar ? | | | |
Apakah anda menghafal dengan asosiasi | | | |
visual ? | | | |
Apakah anda sulit mengingat perintah lisan | | | |
kecuali yang dituliskan, dan apakah anda | | | |
sering meminta orang lain mengulang ucapan- | | | |
nya ? | | | |
Apakah anda lebih suka membaca daripada | | | |
dibacakan ? | | | |
Apakah anda suka mencoret-coret selama | | | |
menelpon/menghadiri rapat ? | | | |
Apakah anda lebih suka melakukan demonstra- | | | |
si daripada berpidato ? | | | |
Apakah anda lebih menyukai seni daripada | | | |
musik ? | | | |
Apakah anda tahu apa yang harus dikatakan, | | | |
tetapi tidak terpikir kata yang tepat ? | | | |
Sub total | | | |
| x2 | x1 | x0 |
Total | | | |
|
AUDITORIAL
Sering | Kadang2 | Jarang | |
Apakah anda berbicara pada diri sendiri saat | | | |
bekerja ? | | | |
Apakah anda mudah terganggu oleh keributan? | | | |
Apakah anda menggerakkan bibir/melafalkan | | | |
kata saat membaca ? | | | |
Apakah anda suka membaca keras dan mende- | | | |
ngarkan ? | | | |
Dapatkah anda mengulang dan menirukan | | | |
nada, perubahan, dan warna suara ? | | | |
Apakah anda merasa menulis itu sulit, tetapi | | | |
pandai bercerita ? | | | |
Apakah anda berbicara dengan pola berirama ? | | | |
Apakah menurut anda, anda pembicara yang | | | |
fasih ? | | | |
Apakah anda lebih menyukai musik daripada | | | |
seni ? | | | |
Apakah anda belajar melalui mendengar dan | | | |
mengingat apa yang didiskusikan daripada | | | |
yang dilihat ? | | | |
Apakah anda banyak bicara, suka berdiskusi, | | | |
dan menjelaskan panjang lebar ? | | | |
Apakah anda lebih baik mengeja keras-keras | | | |
daripada menuliskannya ? | | | |
Subtotal | | | |
| x2 | x1 | x0 |
Total | | | |
|
KINESTETIK
Sering | Kadang2 | Jarang | |
Apakah anda berbicara dengan lambat ? | | | |
Apakah anda menyentuh orang untuk menda- | | | |
patkan perhatiannya ? | | | |
Apakah anda berdiri dekat-dekat saat berbica- | | | |
ra dengan seseorang ? | | | |
Apakah anda berorientasi pada fisik dan | | | |
banyak bergerak ? | | | |
Apakah anda belajar melalui manipulasi dan | | | |
praktik ? | | | |
Apakah anda menghafal dengan berjalan dan | | | |
melihat ? | | | |
Apakah anda menggunakan jari untuk menun- | | | |
juk saat membaca ? | | | |
Apakah anda banyak menggunakan isyarat | | | |
tubuh ? | | | |
Apakah anda tak bisa duduk tenang untuk | | | |
waktu yang lama ? | | | |
Apakah anda membuat keputusan berdasar- | | | |
kan perasaan ? | | | |
Apakah anda mengetuk-ngetuk pena atau | | | |
jari, atau kaki saat mendengarkan ? | | | |
Apakah anda meluangkan waktu untuk | | | |
berolahraga dan kegiatan fisik lainnya ? | | | |
Subtotal | | | |
| x2 | x1 | x0 |
Total | | | |
|
24 | | | |
23 | | | |
22 | | | |
21 | | | |
20 | | | |
19 | | | |
18 | | | |
17 | | | |
16 | | | |
15 | | | |
14 | | | |
13 | | | |
12 | | | |
11 | | | |
10 | | | |
9 | | | |
8 | | | |
7 | | | |
6 | | | |
5 | | | |
4 | | | |
3 | | | |
2 | | | |
1 | | | |
| V A K | ||
Isi grafik ini dengan nilai anda |
Dari grafik ini kita akan tahu gaya belajar manakah yang mendominasi anak-anak kita, atau diri kita.
0 komentar:
Posting Komentar